Nama Klien : Diagnosa
Medis :
No MR : Ruangan :
Tgl
|
No. Dx
|
Diagnosa
Keperawatan
|
Perencanaan
|
||
Tujuan
|
Kriteria Hasil
|
Intervensi
|
|||
|
|
Gangguan konsep diri : harga diri rendah
|
TUM : Klien memiliki konsep diri yang positif
TUK :
1.
Klien dapat
membina hubungan saling percaya dengan perawat
|
1.
Setelah … kali interaksi, klien menunjukkan:
o Ekspresi wajah bersahabat,
o Menunjukkan rasa senang,
o Ada kontak mata,
o Mau berjabat tangan,
o Mau menyebutkan nama,
o Mau menjawab salam,
o Klien mau duduk berdampingan dengan perawat dan
o Mau mengutarakan masalah yang dihadapi.
|
□ Sapa klien dengan ramah baik verbal maupun non verbal.
□ Perkenalkan diri dengan sopan.
□ Tanyakan nama lengkap dan nama panggilan yang di sukai
klien.
□ Jelaskan tujuan pertemuan
□ Tunjukkan sikap empati dan menerima klien apa adanya.
□ Beri perhatian dan perhatikan kebutuhan dasar klien.
|
|
|
|
2.
Klien dapat
mengidentifikasi aspek posiif dan kemampuan yang dimiliki.
|
2.
Setelah …kali
interaksi
klien menyebutkan:
o Aspek positif dan kemampuan yang dimiliki klien.
o Aspek positif keluarga.
o Aspek positif lingkungan.
|
2.1 Diskusikan dengan klien tentang :
□ Aspek positif yang dimiliki klien, keluarga dan
lingkungan.
□ Kemampuan yang dimiliki klien.
2.2 Bersama klien buat daftar tentang :
□ Aspek positif klien, keluarga dan lingkungan.
□ Kemampuan yang di miliki klien.
2.3 Beri pujian yang realitis dan hindarkan memberi
penilaian negatif.
|
|
|
|
3.
Klien dapat
menilai kemampuan yang dimiliki untuk dilaksanakan.
|
3.
Setelah … kali interaksi klien
menyebutkan kemampuan yang dapat dilaksanakan.
|
3.1 Diskusikan dengan klien kemampuan yang dapat
dilaksanakan.
3.2 Diskusikan kemampuan yang dapat dilanjutkan
pelaksanaannya.
|
|
|
|
4.
Klien dapat
merencanakan kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
|
4.
Setelah ... kali interaksi klien membuat rencana kegiatan harian.
|
4.1 Rencanakan bersama aktifitas yang dapat dilakukan
setiap hari sesuai kemampuan klien :
□ Kegiatan mandiri
□ Kegiatan bantuan
4.2 Tingkatkan kegiatan sesuai kondisi klien.
4.3 Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang dapat klien
lakukan.
|
|
|
|
5.
Klien melakukan
kegiatan sesuai rencana yang dibuat.
|
5.
Setelah … kali interaksi klien melakukan kegiatan sesuai jadwal yang dibuat.
|
5.1 Anjurkan klien untuk melaksanakan kegiatan yang telah
direncanakan.
5.2 Pantau kegiatan yang dilaksanakan klien.
5.3 Beri pujian atas usaha yang dilakukan klien.
5.4 Diskusikan kemungkinan pelaksanaan kegiatan setelah
pulang.
|
|
|
|
6.
Klien dapat memanfaatkan
sistem pendukung yang ada.
|
6.
Setelah … kali interaksi klien memanfaatkan sistem pendukung
yang ada di
keluarga.
|
6.1 Beri pendidikan kesehatan pada keluarga tentang cara merawat klien dengan harga diri rendah.
6.2 Bantu keluarga memberikan dukungan selama klien di rawat.
6.3 Bantu keluarga menyiapkan
lingkungan
di rumah.
|
No comments:
Post a Comment